Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Selasa, 02 Februari 2010

Manfaat Proxy

Selasa, 02 Februari 2010

Ketika kita mengakses internet secara otomatis kita mempunyai IP, apa itu IP ? IP adalah Internet Protokol yang merupakan nomer induk setiap user/web yang terhubung dengan internet, jadi dari sekian milyar orang yang terhubung dengan internet tidak ada satupun IP yang sama, nah bagaimana kita tahu menggunakan IP ini itu. IP diberikan otomatis oleh provider yang mengatur dan anda tidak bisa memilih, karena ini berkaitan dengan log ( catatan ) ISP, misal anda melakukan browsing ke sekian web dan catatan anda akan berada di ISP, log dihapus apa tidak itu bukan urusan anda.
Seringkali jika online ke suatu situs, misalnya situs abu-abu seperti situs tidak bermoral, maka sering kali kita nggak merasa enak menggunakan IP asli. Nah untuk menyamarkan IP ini digunakanlah Proxy. Apa itu proxy ? proxy adalah adalah tukang suruh kita, artinya kita bisa menyuruh IP tertentu untuk mengakses web tertentu yang belum tentu bisa dibuka oleh IP lokal. Selain itu fungsi proxy bisa untuk mempercepat akses internet dan juga digunakan sebagai internet blocking kontent porno, jadi secara umum fungsi atau manfaat proxy banyak. Maka fungsi atau manfaat sebuah proxy bisa bermacam macam tergantung orang memakainya.
Proxy yang kita kenal adalah proxy number, yaitu proxy yang menggunakan nomer IP tertentu yang kita setting pada browser, di mana kita mencari nomer IP proxy tersebut ? nah untuk silakan gunakan google.com untuk mencari proxy dengan kata kunci proxy free number atau semacamnya, usahakan menggunakan proxy anonimus, sebagai contohnya bisa anda lihat pada salah satu proxy yang pernah saya pakai : http://www.proxy4free.com/page1.html
Dalam keterangan daftar proxy biasanya tertera IP proxy, asal proxy,type proxy dan port atau lubang/celah yang bisa dipakai untuk menjalankan proxy tersebut. Misalnya anda menggunakan IP proxy 208.78.125.18 port 80 type anonymus dan asal proxy Amerika Serikat. Sebelum anda memasang proxy lebih baik anda lakukan whois dulu terhadap IP anda, whois bisa anda lakukan dengan masuk ke web ini http://www.whatismyip.com/ , jika anda masuk kesana akan ketahuan nomer IP anda, Your IP Adress is : 144.120.125.77 ( contoh ), ini adalah IP Telkomsel. Lalu mulailah untuk mengatur porxy untuk Firefox anda bisa mensetting pada Tools – Option – Advanced-Network-Setting-Manual proxy configuration, isikan nomer proxy dan portnya pada kolom yang tersedia, setelah itu klik OK. Untuk Opera dapat anda temukan pada Tools-Preferences-Advanced-Network-Proxy Server dan isikan nomer IP proxy serta portnya dan klik OK. Setelah anda lakukan test lagi ke http://www.whatismyip.com/ dan lihat nomer IP anda yang telah berubah bukan IP dari Telkomsel lagi namun IP dari United States, jika tidak bisa mengakses bisa dipastikan proxy tersebut tidak dipakai lagi alias diblok atau dipakai orang. Jika berhasil maka proxy sudah bisa anda pakai, jika memang anda senang dengan proxy itu maka anda bisa bebas surfing tanpa anda diketahui oleh pemilik web setidaknya anda tidak terlacak, terkadang kita bloking oleh beberapa web, terutama jika kita melakukan download dan kita selalu merasa diabaikan karena berasal dari Indonesia. Nah di sini fungsi proxy adalah mengakali agar kita tidak menggunakan IP lokal. Paham ?
Kemudian kita mengenal proxy web, proxy web berbeda dengan proxy number, proxy web tidak perlu menggunakan nomer IP dan tidak butuh settingan tertentu, yang dibutuhkan adalah sebuah web yang berupa proxy, nah didalam web tersebut disediakan kolom untuk mengetikan alamat web kita sehingga kita bisa surfing menggunakan web proxy tersebut. Sebagai contoh bisa anda cari di google dengan kata kunci proxy web. Misalnya http://www.zendproxy.com/. Fungsinya juga sama sebagai pengalih namun menggunakan proxy ini lebih lamban karena kita mendirect sebuah web dengan cara menyuruh orang lain bekerja ; “Tolong dunk .. bukain web ini !”. Jadi kita menyuruh web membuka web lain.
Demikianlah sekilas tentang proxy yang perlu anda ketahui, para hacker dan cracker bekerja selalu menggunakan proxy karena tujuannya untuk menyamarkan IP agar tidak tertangkap, namun cara kerja mereka lebih rumit karena mereka tidak menggunakan satu IP proxy, namun beberapa sehingga jika dilacak akan terasa sangat susah, terkadang ada layanan proxy yang tidak mau membuka siapa yang memakai atau memang begitu selesai memakai proxy tersebut log akan dihapus secara otomatis.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Follow me in the Fb

Followers

Page Range

Mutiara Kata

“Kita asyik dengan pertarungan militer, sukses menempa hati ikhlas, berhasil menciptakan cinta mati syahid. Tetapi, kita lalai memikirkan kekuasaan (politik). Kita tak sepenuh hati menggelutinya. Kita masih memandang bahwa politik adalah barang najis. Akhirnya, kita sukses mengubah arah angin; kemenangan dengan pengorbanan yang mahal bisa kita raih. Tetapi, menjelang babak akhir, saat kemenangan siap dipetik, musuh-musuh melepaskan tembakan ‘rahmat’ untuk menjinakkan kita.” (Tokoh Jihad Afghan-Arab)